Inilah Pengertian Brainware dalam Sistem Komputer

Inilah Pengertian Brainware dalam Sistem Komputer

Pengertian Brainware - Hardware dan software adalah istilah dalam dunia komputer yang sering kita dengar. Bahkan sebagian besar orang sudah mengetahui apa arti dari kedua istilah tersebut meskipun mereka tidak berkutat di bidang komputer. Namun tidak halnya dengan istilah brainware. Istilah ini jarang digunakan, makanya tidak banyak orang yang tahu apa itu brainware. Mari kita lihat penjelasan berikut ini.
 Pengertian brainware

Istilah brainware komputer ditujukan untuk orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Secanggih-canggihnya sebuah komputer baik dari segi hardware atau software jika tidak ada brainware yang mengoperasikannya, maka fungsi hardware dan software komputer tersebut tidak akan bisa berjalan secara optimal. Berdasarkan tingkat pengoperasian komputer, brainware bisa digolongkan menjadi:

1. Analis
Analis adalah orang yang bertanggung jawab dalam merencanakan, menentukan serta memberi rekomendasi sistem atau software apa yang cocok untuk kebutuhan bisnis perusahaan. Seorang analis harus memiliki 4 keahlian dasar yaitu keahlian analisis, teknikal, manajerial, dan interpersonal.

Keahlian analisis adalah keahlian dalam memahami kebutuhan perusahaan sehingga seorang analis bisa mengidentifikasi sistem komputer apa yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Keahlian teknikal adalah keahlian dalam memahami sistem informasi komputer dan teknologi. Keahlian ini mengharuskan seorang analis menguasai bahasa pemrograman, sistem operasi, dan komponen hardware. Keahlian manajerial adalah keahlian dalam mengendalikan proyek, sumber daya, faktor risiko dan potensi ancaman. Keahlian interpersonal adalah kemampuan berkomunikasi dengan pengguna sistem yang lain seperti programmer, administrator, dan user.

2. Programmer
Programmer adalah orang yang menguasai berbagai macam bahasa pemrograman sehingga ia mampu menciptakan sebuah program komputer.

3. Administrator
Administrator adalah orang yang bertanggung jawab mengatur serta mengendalikan program komputer dan juga jaringan komputer.

4. Operator
Operator adalah orang yang mengoperasikan komputer atau biasa disebut juga sebagai user. Operator hanya bisa menjalankan aplikasi komputer yang diperbolehkan oleh administrator.

5. Teknisi
Teknisi adalah orang yang bertanggung jawab memelihara komponen hardware serta memperbaiki jika ada kerusakan hardware dalam sistem komputer.

Perlu Anda ketahui juga bahwa ada perusahaan Amerika bernama Brainware yang bergerak di bidang pengambilan dan pengarsipan data. Jadi jangan sampai Anda terkecoh mana pengertian brainware yang sebenarnya berdasarkan hasil mesin pencari.

source: http://www.artikelteknologi.com/2017/12/inilah-pengertian-brainware-dalam.html

Comments